Wednesday, May 9, 2012

Kesalahan Sejarah !!


Barisan kata menarik yang entah gw sadar apa ga terlontar sendiri dari mulut gw “begitu cepatnya gw meninggalkan Mesir adalah kesalahan sejarah yang hanya bisa gw ratapi”
Hmm kesalahan sejarah? Apa yang gw maksud dari kalimat ini? Kalimat sepontan yang tiba-tiba keluar ketika Wandi nelfon gw tadi pagi.
Wandi adalah teman gw waktu di Mesir dan sekarang dia masih di sana, gw ga tau apa yang membuatnya betah padahal S1nya udah dia beresin jauh sebelum gw. Apa kutatan padang gurun pemekak nyaman yang membuatnya betah. Entahlah, jelasnya masih segar ditelinga gw kalimat dia dari balik telfon tadi pagi “lagian lo balik cepet bener, jadi kangen kan lo ama suasana sini”
Ya, statement Wandi terbalas dengan barisan kalimat yang gw tadi katakan entah itu sadar atau tidak “begitu cepatnya gw meninggalkan Mesir adalah kesalahan sejarah yang hanya bisa gw ratapi”
Kesalahan sejarah hmm unik seperti sebutir telur yang sudah tertetas tapi sebenarnya belum saatnya untuk ditetas. Kurang lebih begitu maksud yang gw tuju !! mungkin !!!
Pertanyaannya adalah kenapa gw ngomong soal kesalahan sejarah, padahal kan seperti yang Wandi bilang sejarah itu ga pernah salah, lo nyalahin sejarah berarti lo menyalahkan takdir, dan ketika lo menyalahkan takdir secara ga langsung lo sedang menyalahkan Tuhan.
Gw ngejawab simple, sama seperti jawaban Jev Murdoch yang berkata bahwa dia ga percaya takdir tapi lebih kepada kemujuran. Haha sekali lagi entahlah, bukan maksud gw sok belagu tapi semua seperti sudah tertata rapi bahwa gw bagai pion yang dengan pasrah digeser sang pecatur-pecatur.
Seperti malam ini tepat ketika gw mulai merebah badan. Suasana hening yang dua jam berlalu kota ini habis diguyur hujan. Gw berbaring dan menjadikan kedua telapak tangan gw sebagai bantal kepala gw. Tatapan gw keatas, tepat diatas gw atap genteng tak berplafon dan seekor cicak dewasa yang sepertinya sedang membuang hajat. Ga sebatas membuang sang cicak bagai sengaja menghina gw dengan menjatuhkan EEnya tepat dipipi sebelah kanan gw. What the hell’s that *ngarahin jari telunjuk gw ke tuh cicak*
gw ga tau apa ini takdir kemujuran atau sejarah entahlah. Malam ini gw berada disatu tempat yang sama sekali gw ga abis pikir kok gw disini. Pasti lo semua bertanya gw di mana? Walaupun gw tau lo semua ga mau tau gw di mana, gw mau bilang gw lagi di Kediri sekarang, untuk beberapa waktu yang belum gw tentukan.
gw termenung kenapa gw tersesat ditempat sunyi ky begini. Apa belum cukup ketika gw diMesir dulu tinggal jauh dari keramaian kota, kok lagi-lagi seperti sunyi memang sedang ditakdir Tuhan untuk menjodoh gw.
Kalo ada yang nanya hobi gw apa, gw akan jawab kalo gw hobi travelling. Menjelajah dari satu tempat ke tempat yang lainnya, tau bahwa memang dunia itu sangat membentang untuk ditelusuri. Ya, itu hobi gw dan gw sadar kesalahan sejarah ga ada hubungannya ama hobi gw yang satu ini.
Guys, di atas tadi gw sempat mengutip statement Jev Murdoch sekedar jawaban penyumpal gw buat si Wandi. Ga kok, jawaban gw bukan seperti Murdoch yang lebih mengiman mujur dari takdir tapi menurut gw memang benar Tuhan menakdir gw untuk terus move on dari satu tempat ke tempat lainnya *gw ga sok keren*
O yap, gw ada pengalaman menarik neh, mungkin ini adalah pengalaman yang memang takdir Tuhan lebih punya andil dari apa yang gw dan Ayah gw rencanakan dan juga apa yang diimani Murdoch.
Ayah?
Murdoch?
Ga Murdoch bukan Ayah gw, ini soal kekurangmujuran tepatnya.
Ya, gw dan bokap 11 taon lalu ketika kali pertama beliau mengenalkan gw tentang tanah jawa. Waktu itu gw masih culun, sisir rambut gw menyamping seperti pejabat-pejabat DPR era Orde baru. Namun bukan soal belahan rambut, gw cuma mau bilang begitu berlakunya takdir waktu itu.
Seperti kebanyakan anak Kendari lainnya, setelah gw menyelesaikan  pendidikan SLTP gw. Gw berencana melanjutkan studi di SMA SMA favorit. SMA 2 Makassar adalah sekolah yang gw rasa bisa mewakili aspirasi kelabilan gw waktu itu. Dan benar dengan berkata gw akan sekolah di sekolah itu gw merasa keren banget di hadapan teman-teman gw *belagu yang ga semestinya*
Saat yang dinanti telah tiba, gw dinyatakan lulus sebagai siswa terbaik sekolah dan siap bermanuver ke jenjang yang lebih tinggi. Hmm tapi bentar dulu, kenapa gw milih Makassar ga di Kendari aja. Bukannya di Kendari punya ekolah favorit juga?
Kalo kata gw di sini bukan permasalahan favorit atau ga’nya. Namun jarak antara kendari dan Makassar adalah satu dari sekian alasan mengapa gw memiih lanjut di Makassar bukan Kendari *alasan gw ga keren yak*
Well, ketika semua sudah lo rencana baiknya selalu ada plan B yang mungkin mesti lo persiapakan, jaga-jaga aja jangan sampai plan A ga terealisasi maka plan B bisa jadi modifikasi *maksud gw alternative bukan modifikasi* lo kate motor di modifikasi *gw sewot sendiri*
Kembali kemasalah akan bermanuvernya gw ke jenjang Sekolah Menengah Atas. Waktu itu gw berencana melanjutkan SMA di Makasssar, menjelang hari H keberangkatan ke Makassar bokap tak kunjung datang dari dinas luar kota beliau. O yah beliau seorang PNS aktif waktu itu sekarang sudah ga (pensiun) beliau berpesan, gw jangan pergi sebelum dia pulang dari tugas. Ya, gw bersabar dan berharap melihat beliau sebelum gw benar-benar ninggalin Kendari.  
Dan hari H tinggal menyisakan esok bokap belum juga nongol, gw pun mulai resah. Khawatir kalau2 beliau ga datang maka akan ga kerenlah rencana gw bersekolah ke Makassar.
Hmm namun pucuk di cinta ulam pun tiba. Ga lama setelah gw mulai resah, tiba2 telfon rumah gw bordering yang gw berharap itu bokap gw. Ternyata benar dari balik telfon: “Saya sedang perjalanan menuju rumah, sore jam lima saya sampai insyaAllah”
Gw: ga sempat ngomong sepatah kata *telfon tertutup* tiut tiut tiut *bunyi telfon tertutup*
Gw sedikit lega akhirnya sang penentu kebijakan tertinggi sedang dalam perjalanan menuju pulang. Beberapa hari gw kira beliau ga akan sempat datang karena kesibukan kerja, ternyata gw lebih penting dari itu semua halaaghh *diarylebay*
Singkat cerita bokap udah dirumah face to face antara gw nyokap bokap dan beberapa keluarga yang hadir. U know, seperti yang gw bilang, selalu siapakan plan B dibalik plan A. gw ga asal ngomong nyuruh nyiapin itu, karena bokap ternyata meminta agar gw ga ke Makassar.
What? Ga sekolah kah lo jazz?
Ga bukan ga sekolah tapi ada plan C yang tiba2 menggeser posisi plan A dan B. Ya, melalui musyawarah mufakat layakanya penghuni senayan bokap memberi pertimbangan agar gw ke Jawa aja ngelanjutin sekolah dan Pondok Modern Darussalam Gontor adalah tujuan ideal yang dititah beliau ke gw.
Nyokap gw gimana?
Nyokap itu orang yang patuh, apa yang dikata Bokap, nyokap ga bakal banyak omong.
Sore itu semua berjalan cepat, dan tanpa bermaksud menyalahkan bokap gw tau keputusan Gontor sepertinya takdir yang memang dititah Tuhan melalui beliau. Ayah memberi waktu untuk gw berfikir sampai pagi esok. Kalo emang gw menerima pertimbangan beliau berarti gw besok ga jadi ke Makassar tapi berbelok menuju Jawa. Pendeknya waktu ga gw salahin karena dengan kependekan waktu itu gw sendiri yang mengambil keputusan “Pah gw udah pertimbangkan, gw ikut rencana bapak untuk ke Jawa”
Tentunya, mendengar akuan gw tersebut bokap sumringah seperti merasa hati seorang anak memang sehati dengan Ayahnya haha *disini ada adegan lebay tapi ga usah gw posting*
Akhirnya karena jari gw capek ngetik gw singkat aja neh cerita *gw minum dulu*
Waktu terus berjalan gw dan bokap sudah berada ditanah jawa. Menurut info dari sahabat beliau jadwal Gontor ga seperti jadwal sekolah pada umumnya. Kalau sekolah-sekolah lain pada umumnya berpatok pada kalender Diknas yang menyatakan tahun ajaran baru itu dimulai antara juni dan juli. Maka Gontor tidak seperti itu. Gontor memulai hari di bulan syawal. Sehari sampai 6 hari setelah lebaran adalah jadwal penerimaan dan tes seleksi masuk siswa baru. Gw datang kecepatan karena ternyata tes masih menyisakan beberapa bulan lagi. Hampir berbulan gw di Gontor tanpa menyandang status sebagai siswa.
Hmm ada feeling lain yang gw rasa dari bokap. Entah merasa bersalah atau prihatin bokap seperti ga tega melihat gw sendirian mendekam dalam asrama *mungkin ini yang disebut naluri orang tua ke anaknya yak*
Bokap nawarin ke gw untuk balik aja dulu ke Kendari nanti setelah lebaran gw kembali lagi untuk ikut tes masuk Pondok. Wahhh ada dilema dibagian ini, gw sebenarnya udah mulai betah berada di sana, namun kembali tergugah dengan ajakan bokap yang pengen gw balik dulu, maka yang terjadi kemudian adalah gw memilih balik ke Kendari dulu *iyalah gw masih imut waktu itu, suasana rumah tentu lebih nyaman dari asrama*
Tuhan selalu dengan takdirNya. Singkat kisah gw di Kendari dan menajalani prosesi puasa berakhir lebaran bareng keluaga. Gw kembali lagi bersama bokap ke tanah jawa sehari setelah lebaran idul fitri, kali ini kami mengejar limit waktu hari tes masuk ke Pondok Modern Gontor. Prediksi manusia ga selalu benar. Ayah gw memesan dua tiket Kapal laut buat kami berdua. Rute perjalanan waktu itu cukup membuat gw bangga dengan hobi gw sekarang. Ya , kapal berangkat dari Kendari - Bau-bau - Pare-pare - Lembar - Bali berakhir Tanjung Perak Surabaya. Lama perjalanan adalah enam hari yang ternyata di dalam perjalanan itu juga tes masuk Gontor telah berakhir (Ayah gw salah prediksi dan menyangka kami akan tiba sebelum 6syawal berakhir
Gw masih santai dengan hal ini karena gw tau sampai Gontor gw langsung siap2 mengikuti tes ujian masuk. Ternyata ga, tes masuk sudah usai dan adalah disiplin kampus kalo ga ada toleran seperti masuk lewat jendela atau nyogok. Satu-satunya solusi adalah menunggu tes berikutnya tahun depan lagi.
Hah taon depan !!!
Mendengar tidak mungkinnya gw menjadi siswa waktu itu karena telat ikut tes kalian tau apa yang gw lakukan?
Ya guys gw menangis sejadi2nya, sisir rambut gw gw berantakin sebagai ungkapan frustasi gw sebagai Jazz kecil waktu itu. Bokap gw tenang menepuk bahu gw. “maafin Ayah nak, ini salah Ayah yang kemarin mengajakmu pulang”
gw di bawah pohon meratiin santri 
Satu yang gw fikir waktu itu, seluruh keluarga pasti mencemooh gw karena dianggap gagal padahal belum sempat ikut tes, gimana menjelaskan pada mereka perihal ini semua, gw gagal sebelum perang masa gw harus pulang tanpa menjadi seorang siswa pondok bergengsi ini.
Di dalam wartel gw menangis minta pulang dan ga ingin tinggal lagi, perasaan gagal sudah terlanjur menggerogoti gw. Bokap gw ga memaksa gw tinggal menunggu tes tahun depan tapi gw tau kalo beliau ga ingin membuat gw larut dalam keputus asaan.  Tapi gw lebih tau men kalo gw pulang tentu beliau adalah orang nomor satu yang menanggung malu didepan keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat beliau.
Hmm itu adalah kesalahan sejarah atau bukan? Entahlah sampai saat ini gw masih percaya takdir Tuhan selalu indah buat gw.  
Mungkin ada yang aneh dengan hobi travelling gw, traveller gw tercoreng oleh peristiwa Gontor 12 tahun silam, masa iya seorang traveller merengek minta pulang karena merasa gagal sebelum berperang.
Haha apa itu kesalahan sejarah. Entahlah !! yang jelas dengan segala perangkat sejarah yang sudah gw lewati gw harusnya lebih bersyukur dengan semua yang terjadi. Betapa tidak, kalau saja waktu itu gw berhasil menjadi santri di Pondok Modern tersebut, sepertinya gw ga bakal pernah menginjak Mesir, Singapore, Isra’el, Palestine, Dubai, Yaman, Turki, Jordan, Mekkah dan Madinah. Mungkin gw cuma di atas mimbar menyeru manusia bahwa Tuhan itu satu bukan tiga !!   
Well, apakah dengan adanya gw di kota ini, masihkah gw mau berkata ini adalah kesalahan sejarah??