Monday, December 3, 2012

Sebagian cerita saya waktu di Mekkah

Hari ini saya benar-benar akan meninggalakan kota ini. Kota yang selalu saya sebut kota batu tempat si kotak hitam bercokol.

Kemaren Ka Sektor Waka sektor dan semua jajaran petugas haji bakhutmah telah balik ke Indonesia, tawa bercampur sedih mengiringi kepergian mereka, entah kapan lagi saya bisa bertemu Pak Cecep, Pak Nasrul, Pak Muslim, Pak Musa, Pak Hari, Ibu Heliyana, Ibu haryati, Ibu Nurdiana dan semua jajaran petugas bakhutmah tanpa terkecuali.

Saya tau diantara semua rekan petugas saya adalah petugas termalas yang sangat mencintai tidur alias molor, namun juga sadar sebagai petugas termalas, tanpa saya, tempat kami kerja ini tidak bakal terkenang seperti begini haha lebay yah, whatever..

Rekan-rekan temus Mekkah juga sudah pada balik ke rumah masing-masing. Ahmed sudah sejak tiga hari lalu saya tidak bertemu lagi, Mustafa jum’at dua hari yang lalu ternyata akhir ngobrol face to face saya sama dia, pak Deki dan bang Malik juga tidak sempat lagi salaman sama mereka. Alasannya satu yaitu saya tertidur ketika mereka pamit untuk tidak bertemu lagi *oh apakah tidur ini kutukan buat saya* what the hell..

Sekarang saya sendiri di hotel ini, sambil ngepak-ngepak tas, tanpa sadar sudah segelas cappuccino saya habiskan. O yah Karena airporth atau bandara adanya di Jeddah, jadinya saya harus ke Jeddah dulu. Pertanyaannya adalah kenapa saya mesti ke Jeddah? Ya karena tidak mungkin saya naik pesawat dari Mekkah gobloy saya kan barusan bilang bandaranya adanya di Jeddah bukan di Mekkah *saya tidak kesal*

Kalo tidak ada aray dan lintang *aral melintang gobloy* ya maksud saya begitu, kalo tidak ada aral melintang besok jam 2 siang waktu Arab Saudi pesawat NAS yang tertulis di tiket saya akan terbang menuju Alexandria airporth Mesir.

Sebenarnya jadwal resmi pemulangan seluruh petugas Cairo adalah 4 hari lagi tepatnya 21 desember 2010, tapi saya memilih balik duluan karena masa kontrak kerja dan hotel di Mekkah sudah berakhir 5 hari yang lalu. Jendral teman saya juga sudah balik duluan kemarin, dia tidak balik ke Cairo tapi langsung ke Indonesia untuk kemudian balik lagi ke Cairo, dia balik Indonesia pengen meyakinkan orang tuanya kalau dia sudah harus nikah tidak boleh tidak. Pun saya juga meninggalkan Dedi dan Lukman yang memilih tinggal di Daker nunggu pemulangan tangal 21 nanti.

Padahal saya banget tidak mau meninggalkan kota ini, walau jatah kontrak hotel saya sudah berakhir, saya berfikir untuk tinggal saja di plataran Haram, tidur makan dan mandi di sana, kenapa saya mesti begitu? jawabnya karena saya merasa tenang dan damai disini, kerja saya cuma satu, natapin tuh kotak hitam. Selain itu juga perasaan takut tidak bisa balik ke tempat ini lagi adalah salah satu alasan kenapa saya banget tidak mau meninggalakan kota ini.

Tapi saya juga sadar saya kok tidak semestinya beranggapan demikian, walaupun memang meninggalkan comfort zone itu berat, mau tidak mau itu harus saya lakukan. Pada intinya sih saya tetap tidak bisa tinggal lama dikota ini, karena tanggal 21 desember yang juga bertepatan dengan hari pemulangan petugas Cairo adalah hari berakhirnya visa haji saya, jadi otomatis hak saya menetap di sini juga tidak ada lagi. Hmm lebih bijak lagi saya mau bilang seperti ini; “untuk mencapai satu perubahan yang lebih baik, lo ga bisa bertahan dan berkungkung di satu tempat saja, lo mesti bergerak pindah ninggalin sesuatu yang akan membuat lo itu-itu saja”.

Hari ini saya meninggalkan hotel, suasananya sepi, sesepi pelataran ka’bah yang sudah tidak perlu desak-desakan lagi ketika tawaf. Secondhand Serenade dengan goodbye nya sedang melantun lewat headset menusuk masuk ketelinga saya, begitu sepi hotel ini, yang biasanya ramai karena pengaduan atau sekedar ngobrol melepas tawa sesama petugas, kini tinggal suara AC yang terus meraung entah siapa yang nyalain.

Saya terus menatap jam tangan, pukul siang ntar ada janjian sama bang Nuzur dan Saban tuk bareng ke Jeddah. O yah bang Nuzur dan Saban mereka ke Jedah buat belanja oleh2 yang akan mereka bawa pulang nanti, katanya sih harga Mekkah dan Jeddah beda gitu, hmm apapun itu jarum jam saya semakin meninggi seperti matahari Mekkah yang terus merangsek naik.

Menoleh kiri kanan, meratiin barang2 jangan sampai ada yang tertinggal, sesekali menoleh ke belakang, melirik hape juga isi dompet. Selepas menunaikan shalat zuhur saya benar-benar telah berjalan meuruni tujuh anak tangga yang selalu saya lewati ketika tugas, pikiran saya kosong “gila ternyata gini ya rasanya ninggalin mekkah, berat dan nyesak juga ternyata, tapi kok saya ga nangis seperti kebanyakan orang-orang lakukan” pertanyaan2 simple yang susah saya jawab seketika buyar ketika sebuah taxi melaju pelan menghampiri saya

Aiwa ya hajji *ey pak aji taxi ga?

sambil balik natapin tuh supir tanpa banyak tanya saya pun langsung masuk saja tanpa harus debat berapa ongkos yang akan dibayar nanti ; “haram ya ustazna” *kita keharam tuan*

beruntung taxi kali ini tidak begitu bawel , tanpa bertanya supirnya langsung tancap gas, tujuan kami satu merdeka *bukaaaan* Haram.. Ya, Haram bukan merdeka..

seperti janjian yang telah saya buat sama bang Nuzur dan saban, bahwa kami akan bertemu di plataran haram untuk kemudian bareng menuju hotel mereka dan langsung menuju Jeddah setelah bertemu mereka di jam dan tempat yang kami janjian, singkat cerita kami bertiga sudah di dalam taxi lagi. “Ke hotel kami dulu ya jazz ngambil tas” *bang nuzur membuka percakapan*

*Saya mengangguk tanpa ngomong* dan Saban sedang berselisih ongkos dengan si supir.

Sepanjang jalan supir kami kali ini bawel, beberapa pertanyaan yang semestinya tidak usah ditanyakan juga tetap ditanyakan, bang Nuzur yang duduk disamping saya diam menjaga wibawa dia, sedangkan saya tetap diam seperti diam saya keika tadi bang Nuzur bertanya. Yang ribut cuma Saban meladeni supir yang semestinya diam saja biar perjalanan kami ini berasa benar-benar sedang meninggalkan sebuah comfort zone.

Sesekali Saban balik melirik saya; “Jazz kau bantu ngomong lah” !!! *suara medannya yang kental*

Saya tetap diam sambil nganguk dalam hati: “siapa suruh duduk di depan”

“Ayolah Jazz dari tadi kerjamu cuma murung saja, apa yang kau pikirkan?” *suara medannya kental banget*

Saya sebenarnya pengen ngomong, tapi biar ceritanya singkat akhirnya taxi yang kami tumpangi telah sampai di hotel bang Nuzur dan si Saban..

Saya tidak turun tetap di dalam taxi, membiarkan bang Nuzur menyeret tasnya dari kamar terus dimasukkan ke bagasi taxi.

Well, semua sudah terangkut, kami bertiga bersiap menuju Jeddah. Perjalanan kurang lebih satu jam saya mulai risau karena tau supir kami kali ini bawel tidak bisa diam. bang Nuzur juga disamping saya hanya diam menatap satu majalah arab yang tidak tau sedang membahas apa.

Saban kembali berceloteh;

“Jazz pusing aku liat kau ini, kerjamu diam saja, sama seperti Nuzur ini kalian berdua kenapa? *masih kental medannya Saban*

Tiba-tiba bang Nuzur ikut ngomong; “iya Jazz lo kenapa sih? Seperti lagi kalut gitu, sedih ninggalin Mekkah ya? gw juga waktu kali pertama naik haji gitu Jazz sedih ga mau ngomong”.

“Ga kok bang gw lagi mikir pacar gw” *Jawaban saya datar*

Hahh *reaksi lebay Saban* - *Biasa aja dong responnya*

“Terus-terus” *lanjut saban*

“Ya, terus gw lagi mikirin dia”..

Hahhh *ini bukan reaksi Saban lagi tapi reaksi si supir *buset dah neh supir ikut2an*

“Ah jazz kau ini pacar kau memang kenapa dia disana? Sakit kah dia atau apa?” *masih dengan logat medan kental*

“Ga kok ga kenapa2, yah gw kepikiran aja, masalahnya gw belom pernah ketemu dia, terus begitu di kota ini, gw seperti sudah mengenal dia jauh lebih jauh dari jarak sini ke Indonesia”.

Wahh lo blom pernah ketemu dia Jazz? Gimana ceritanya? Bang nuzur ternyata juga khidmat menyimak walau sibuk dengan Koran yang dibacanya sedari tadi.

“Yah ceritanya gitu” *jawab saya masih dan tetap datar*

“Ah kau ini, gitu gimana” *Saban ngomong sambil ngarahin si supir depan belok kanan*

"Iya gw belom pernah ketemu kenalan lewat plurk berlanjut ke fb jadiannya di YM *saya mulai terbuka*

“Terus”

“Ya, terus sekarang gw lagi mikir dia”

“Ahaha iyalah maksud aku itu terus sudah berapa lama kalian jalan dalam bayangan gini?” *medan si Saban mulai hilang*

Sejenak saya tertegun ”jalan dalam bayangan”

Iya betul yang kata saban barusan, saya sama dia jalan dalam bayangan..

Kenal lewat imajinasi mungkin begitu kata kerennya..

Waw, ternyata selama ini saya sedang bercinta dengan sebuah bayangan, imaji meroket menembus atmosfer yang sebenarnya bisa saya anggap itu terlalu jauh.

“Bayangin Jazz, coba lihat sekeliling lo yang ada hanya bayangan, bahwa lo terikat hati dengan sebuah khayalan”.

Ah saya menepis semua itu, bermodal keyakinan dia disana empati dengan saya yang belom pernah dia jamah secara kasat mata.

Triiiiiiiiiiiiiiiiiiit. Tiba2 taxi yang kami tumpangi ngerem seperti film furious.

“ Ya asta easy fiy” *hey mas bro supir ada apa*

Ternyata, bukan supirnya tapi bang Nuzur yang minta berhenti, menyuruh tuh supir mutar balik karena madu yang dibeli bang Nuzur kelupaan di hotel.

Ya elah bang ini udah mau nyampe Jeddah masa balik lagi, ntar aja deh beli di Jedah.

(Jeddah - Mekkah) *sejam perjalanan darat*

eh bentar dulu..

apa lagi ?

emang ga ada bunyi lain apa selain Triiiiiiiit...

ya udah truuuuut deh hahahaha...